Kisah Para Rasul 9:15
9:15 Tetapi firman Tuhan kepadanya:
"Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel.
Kisah Para Rasul 14:26
14:26 Dari situ berlayarlah mereka ke Antiokhia;
di tempat itulah mereka dahulu diserahkan kepada kasih karunia Allah
untuk memulai pekerjaan, yang telah mereka selesaikan.
Matius 9:38
9:38 Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan 1 pekerja-pekerja untuk tuaian itu."
Lukas 10:1
Yesus mengutus tujuh puluh murid
10:1 Kemudian dari pada itu Tuhan
menunjuk tujuh puluh murid yang lain,
lalu mengutus mereka berdua-dua
2 mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.
Efesus 3:7
3:7 Dari Injil itu
aku telah menjadi pelayannya menurut pemberian kasih karunia Allah
3 , yang dianugerahkan kepadaku
sesuai dengan pengerjaan kuasa-Nya.
Efesus 3:1
Rahasia panggilan orang-orang bukan Yahudi
3:1 Itulah sebabnya aku ini, Paulus, orang yang dipenjarakan
karena Kristus Yesus untuk kamu orang-orang yang tidak mengenal Allah
Titus 2:7
2:7 dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan
4 dalam berbuat baik.
Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu,
Titus 2:2
2:2 Laki-laki yang tua
hendaklah hidup sederhana
5 ,
terhormat, bijaksana,
sehat dalam iman,
dalam kasih dan dalam ketekunan.
Titus 1:11
1:11 Orang-orang semacam itu harus ditutup mulutnya, karena mereka mengacau banyak keluarga
dengan mengajarkan yang tidak-tidak untuk mendapat untung yang memalukan.
Ibrani 5:4
5:4 Dan tidak seorangpun yang mengambil kehormatan itu bagi dirinya sendiri, tetapi dipanggil untuk itu oleh Allah, seperti yang telah terjadi
dengan Harun.
1 Full Life: MINTALAH KEPADA TUAN ... MENGIRIMKAN.
Nas : Mat 9:38
Ayat ini mengungkapkan salah satu prinsip rohani Allah sendiri.
Sebelum Ia bertindak, biasanya Allah memanggil umat-Nya untuk berdoa. Hanya
setelah umat-Nya berdoa barulah Allah melakukan pekerjaan-Nya. Dengan kata
lain, Allah membatasi diri-Nya pada doa-doa umat-Nya. Jelaslah dari
konteksnya (Mat 9:35-10:1,8) bahwa macam pekerja yang diinginkan Yesus
dalam kerajaan-Nya adalah mereka yang
- (1) mengajar dan memberitakan Injil Kerajaan (Mat 9:35),
- (2) menyembuhkan orang sakit (Mat 9:35; 10:1,8) dan
- (3) mengusir roh-roh jahat (Mat 10:1,8).
2 Full Life: MENGUTUS MEREKA BERDUA-DUA.
Nas : Luk 10:1
Prinsip pengutusan para pekerja berdua-dua itu sangat penting dalam
pekerjaan Tuhan, karena dengan demikian tersedialah iman dan hikmat dua
kali lipat untuk masing-masing pekerja; tambahan pula, seorang kawan
memberi dukungan keberanian. Ayat-ayat lain yang menulis tentang prinsip
berdua-dua ini adalah: Pengkh 4:9-12; Mat 18:16; Mr 6:7; 14:13; Luk 7:19;
Yoh 1:35-41; 8:17; Kis 9:38; 10:7; 15:36-41; 19:22; 2Kor 13:1;
1Tim 5:19; Ibr 10:28; Wahy 11:3-6,10-12.
3 Full Life: KASIH KARUNIA ALLAH.
Nas : Ef 3:7
Kasih karunia Allah, yang diberikan kepada setiap orang percaya
untuk melaksanakan kehendak-Nya, menjadi kekuatan yang mengalir dari
Kristus yang bangkit dan bekerja melalui Roh Kudus yang tinggal di dalam
diri orang percaya (Ef 1:19; 4:7; Kis 6:8; 11:23; 14:26; 1Kor 15:10;
2Kor 12:9; Fili 2:13; Kol 1:29; Tit 2:11-13;
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
4 Full Life: JADIKANLAH ... SUATU TELADAN.
Nas : Tit 2:7
Lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL BAGI PENILIK JEMAAT).
5 Full Life: LAKI-LAKI YANG TUA HENDAKLAH HIDUP SEDERHANA.
Nas : Tit 2:2
Maksud jelas dari ayat ini ialah bahwa laki-laki yang tua itu harus
menjadi teladan bagi semua orang percaya dalam hal mempersembahkan diri
kepada Allah sebagai persembahan yang hidup tanpa minum anggur yang
memabukkan (lih. 1Tim 3:2,11, di mana istilah ini dipakai untuk gembala
dan wanita). Kenyataan ini didukung oleh berbagai fakta berikut:
- 1) "Sederhana" (Yun. _nephalios_) didefinisikan dalam leksikon Yunani
PB dengan arti utama "berpantang anggur". Perhatikan definisi berikut,
"Kata ini bermula mengandung arti berpantangan alkohol" (Reinecher and
Rogers); "orang yang tidak minum anggur" (Greek Dictionary of Byzantius,
Athens, 1839); "Tanpa anggur, tuna anggur" (Liddell and Scott); "bebas
dari semua pemasukan anggur" (Moulton-Milligan); "tidak mengandung
anggur" (Kittel dan Friedrich); "tidak tercampur anggur" (Abbott-Smith);
"secara harfiah, tidak minum anggur sama sekali" (Brown, Dictionary of
New Testament Theology, Vol. 1). Brown menambahkan: "Nephalios dipakai
hanya dalam Surat-Surat Penggembalaan dan menunjuk kepada gaya hidup
berpantang yang dituntut dari para penilik (1Tim 3:2), wanita
(1Tim 3:11) dan penatua (Tit 2:2)." R. Laird Harris menyatakan
bahwa "istilah ini dipakai umumnya dalam pengertian klasiknya, yaitu
bebas dari semua anggur" (The Bible Today, hal.139).
- 2) Para penulis Yahudi, seangkatan dengan Paulus dan Petrus,
membenarkan penggunaan umum definisi utama itu. Yosefus mengatakan
berhubungan dengan para imam Yahudi bahwa "semuanya dalam segala hal
tahir dan berpantang (nephalioi) karena dilarang minum anggur ketika
memakai jubah imam" (Antiquities, 3.12.2). Philo menyatakan bahwa jiwa
yang dibaharui "berpantang (nephein) senantiasa dan sepanjang hidup ini"
(Drunkenness, 37).
- 3) Berdasarkan semua masukan itu, tidak mungkin Paulus menggunakan
istilah ini tanpa mengetahui pengertian utamanya (bd. 1Tes 5:6).